Teknik Vocal Scream

Share:
Vocal Scream yaitu vocal yg mengeluarkan suara yg dihasilkan dari distorsi tenggorokan adapun teknik tekniknya agar tidak salah atau tidak terjadi yg tidak di inginkan.
adapun cara agar vocal scream yg dihasilkan cukup mulus jika di grafikan
1.Kurangi merokok atau kalo bisa tidak meroko (karena saya buka peroko sih :D) mengapa ?karena sih kalo saya tenggorokan suka basah jadi di pake vocal scream tidak terlalu enak
2 .sebelum brifingan atau latihan atau mungkin perform banyak banyak minum air putih agar tidak dehidrasi ,jauhi gorengan atau makanan berminyak (biar lebih enak mending pake susu kental manis jadi si tenggorokan bisa tetap lengket ,jadi tidak basah tidak kering ,kalo saya sendiri suka giu sih )
Inhale : teknik menarik napas dari luar kedalam biasanya distorsi yang didapat lebih banyak daripada Exhale,Tapi lebih nyerap banyak stamina kalau digunakan,saya gak bisa memberi contoh Band apa yang ngegunain teknik ini,karena banyak juga band yang seperti inhale tapi ternyata exhale yaitu Randy Blyte dari lamb of god.


Exhale: menghembuskan napas dari dalam tubuh keluar,Ini lebih aman dari inhale karena tidak menarik udara dari luar seperti inhale...jadi bisa meminimalisir debu yang masuk kedalam tubuh,Suara yang didapat juga bisa lebih bervariasi dari inhale, Band yang menggunakan teknik ini seperti Arch Enemy, I Killed The Prom Queen, Slipknot, Devildriver.

Vocal Scream ada beberapa jenis yaitu :

1.SCREAM

teknik dasar scream adalah
- mengeluarkan nafas dengan cara yang agak berat
- biasakan dengan kondisi seperti itu lalu cobalah sambil berteriak (tetapi gag usah banter banter, untuk awal kita hanya memerlukan sampai terdengar "teriakan" yang agak berat bila didengar).
Jika scream menggunakan nada yang lebih tinggi bisa disebut sebagai high pitch scream.
Suara scream ini biasa dikeluarin dengan teknik inhale atau exhale tergantung enak si vocalisnya ngegunain yang mana ?


2.GROWL (scream rendah)
 
Mungkin sebagian orang sudah memahami atu tau teknik ini ,jadi teknik ini adalah melakukan SCREAM bentuk mulut kita biasanya kita buka lebar lebar, namun ketika kita ingin melakukan GROWL bentuk mulut kita harus dibentuk seperti pelafalan huruf " O " sehingga suara yang dihasilkan itu menjadi rendah. Tetapi juga diperlukan nada tinggi, untuk itu diperlukan ketahanan untuk melakukan head voice.


3. GRUNT

  Grunt adalah teknik Scream menghisap suara dan teknik ini sangat mudah dipelajari karena kita hanya perlu berbicara dengan menyedot (exhale) bukan mengeluarkan.







4. PIG SQUEALS

Seperti namanya PIG SQUEALS (Jeritan Babi) Teknik yang satu ini adalah modifikasi dari GRUNT karena pada awalnya teknik ini sama dgn GRUNT (sama sama menyedot) namun suara yang dihasilkan lebih terdengar seperti "Mendengkur" dan lebih melengking daripada GRUNT.
Cara untuk Menciptakan suara " Dengkuran " tsb. adalah  dgn melipat lidah kita kebelakang lalu baru kita sedot dengan teknik GRUNT yang melengking namun santai, Barulah terdengar Suara PIQ SQUEALS.







 5. FRY

Tekhnik ini juga merupakan teknik modifikasi dari SCREAM , Seperti namanya teknik ini kalo kita dengar suaranya seperti suara yang keluar dari tenggorokan yang kering. Menurut beberapa
vocalist band yang mempunyai karakter vocal fry, mereka mengatakan bahwa tekhnik ini adalah ciri suara mereka,  teknik ini memang adalah cirri dari masing-masing karakter suara vocal seseorang.
 -Band yang memakai teknik ini : karena teknik ini terbilang cukup mudah, maka cukup banyak juga band - band yang memakai teknik ini.


Jika ingin copas artikel dari blog ini jangan lupa cantumkan link sumber ,hargailah sesama blogger kawan
Sumber :
http:/heartproduction.blogspot.com/
http://threat-enemy.blogspot.com/

No comments